BAGAIMANA CARA PEMASARAN YANG BAIK
Bagaimana Menulis Rencana Pemasaran yang Baik? Seringkali pemasaran dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan sebuah usaha.
Karena sangat menentukan kelangsungan hidup sebuah usaha, sudah selayaknya
pemasaran harus melewati proses perencanaan terlebih dahulu oleh pelakunya. Sementara
itu merencanakan bisa dikatakan sebagai suatu proses antisipasi tentang kejadian dan
kondisi di masa mendatang, dan menentukan upaya terbaik untuk pencapaian tujuan
organisasi/usaha. Tentu saja untuk menyusun dengan baik sebuah perencanaan
pemasaran, pemasar harus mengetahui komponen-komponen apa saja yang harus
diperhatikan dalam penyusunan perencanaan.
Sebuah website beralamat www.authenticpromotion.com memuat tulisan tentang
beberapa komponen yang seharusnya dimasukkan dalam membuat sebuah perencanaan
pemasaran. Diantaranya adalah pernyataan pemenuhan apa yang Anda maksud,
mengekspresikan terminologi (jumlah klien, pendapatan kotor dan pendapatan bersih,
biaya dan sebagainya). Komponen lain yang diberikan adalah pernyataan tentang ceruk
pasar yang akan diambil.
Komponen selanjutnya adalah deskripsi penawaran yang akan dilakukan, dengan
penekanan bagaimana pebisnis berbeda dari pemain lainnya pada ceruk pasar yang akan
diambil. Selain itu website ini juga memberikan komponen analisis sumber daya
marketing dalam pembuatan sebuah perencanaan marketing. Sumber daya tersebut antara
lain waktu, uang, jaringan, bakat, dan arti lain yang tersedia untuk kepentingan promosi
bisnis. Terakhir, juga dituliskan komponen sebuah rencana yang fokus kepada sumber
daya untuk mencipatakan hasil yang diinginkan pemasar. Aturan ‘The Three’ adalah alat
pemasaran bisnis yang efektif untuk menciptakan sebuah rencana pemasaran.
Tak hanya sekedar mengetahui komponen apa saja yang seharusnya ada dalam sebuah
perencanaan pemasaran, para pemasar tentu juga ingin mengetahui bagaimana menulis
sebuah rencana pemasaran yang bagus. Masih di web yang sama, dikutip dari pernyataan
pengarang buku seri marketing penjualan,. Jay Conrad Levinson, sebuah rencana
pemasaran seharusnya memiliki 10 ciri. Adapun ciri-ciri yang dimaksud adalah:
1.Sebuah rencana pemasaran yang bagus meringkas dan mendukung komitmen
pebisnis, diri pebisnis, dan klien pebisnis seperti dinyatakan dalam sebuah
program pemasaran.
1.Perlakuan pemasaran sebagai sebuah investasi. Hal tersebut akan menunjukkan
bagaimana banyak pebisnis akan menginvestasikan, pada apa, untuk berapa lama,
dan dengan pengharapan kembalinya seperti apa, Ini adalah sebuah alat untuk
menjadi pengurus yang bagus.
pengiklan tetap harus mengetahui beberapa hal agar memilih jalan terbaik dalam beriklan. Score, sebuah organisasi yang bergerak di bidang pemberi nasihat kepada bisnis kecil di
Amerika Serikat, dalam websitenya (score.org) memberikan 5 tips bagaimana bisa
beriklan dengan murah. Berikut tips yang diberik
1.Beriklan itu mahal. Sehingga Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengapa
Anda beriklan dan apa yang ingin diselesaikan. Anda perlu mengevaluasikan
iklan secara hati-hati dan mengukur tingkat efektifita
2.Mengembangkan alat-alat promosi dan penjualan yang tepat seperti percobaan
pilot , brosur dan tanda-tanda . Berhati-hati me-review setiap item untuk
keefektifitasannya dan mengevaluasi apa yang dikatakan item-item tersebut
tentang bisnis Anda. 3.Signage (komunikasi berarah langsung) seharusnya menjadi bagian yang mayor
dari strategi pemasaran Anda. Signage bagian vital dari bisnis kecil dan dapat
menjadi paling efisien, efektif dan alat konsisten untuk menghasilkan pend
4.Setiap bisnis kecil seharusnya didaftarkan di bawah pemimpin yang tepat pada
yellow pages, namun tidak semua binis butuh untuk membeli mahal iklan display. Jadilah bijaksana. 5.Terlibat dalam komunitas Anda. Bergabung di kamar dagang, organisasi bisnis, atau badan amal. Kembangkan jaringan Anda dan terus jaga. 5 Kesalahan Pemasaran yang Dibuat Pemilik Bisnis Bertanya-tanya mengapa pemasaran yang telah Anda lakukan tidak dapat berjalan dengan
baik? Tidak usah takut, ada bantuan di sini. Sangat disayangkan, semua tergantung
bagaimana Anda melihatnya. Banyak tantangan dalam memasarkan dapat ditelusuri balik
dari segenggam kesalahan memasarkan.Kali ini diberikan lima kesalahan memasarkan
yang dibuat oleh para pemilik bisnis.
1 . Target pasar yang terlalu lebar (di mana pebisnis menjual produk atau jasa juga. Jika ada yang menanyakan siapa langganan Anda, maka jawabannya adalah semua orang.
Perlu diketahui, jikapun produk dan atau jasa yang ditawarkan bisa digunakan oleh
semua orang di planet ini, namun tidak semua orang datang untuk membeli. Mereka tidak
memiliki uang, tidak memiliki ketertarikan dan sebagainya. Dan jika anda mencoba target
untuk semua orang, sungguh akhir dari target Anda tak seorang pun.
Cara untuk mulai membuat uang (tidak menyebutkan hasil yang lebih baik dengan pemasaran) adalah menyempitkan target pasar sehingga Anda hanya berbicara pada satu
grup spesifik . Bagaimana pun, di sana ada rintangan, sebagai kita melihat di kesalahan berikutnya. 2. Target pasar yang salah. Ini terjadi ketika anda telah memilih target pasar yang salah. Apa yang dimaksud dengan target pasar yang salah? Target pasar yang tidak tertarik
membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan atau mereka tidak memiliki uang. Mari
lihat yang pertama, tidak ada ketertarikan. Apa yang terjadi di sini adalah kata
“kebutuhan” disalahgunakan. “Saya tahu target pasar Saya membutuhkan ini, oleh karena
itu mereka akan membelinya.” Tidak juga.
Ini terjadi banyak pada orang-orang di bidang kesehatan dan kebugaran dan ini secara
typical melakukan sesuatu seperti ini. Anda berkeinginan mengajar yoga dan ingin couch
potatoes. Apakah orang yang melakukan couch potatoes membutuhkan untuk melakukan
yoga? Tidak ada pertanyaan. Apakah mereka ingin melakukan yoga? Mungkin tidak atau
mereka tidak akan melakukan couch potatoes.
Sekarang mari lihat alasan yang kedua, tidak memiliki dana. Ini terjadi ketika Anda
menjalankannya setelah ada customer base bahwa mati-matian ingin menjual tapi Anda
tidak mendapatkannya. Sebagai contoh, spakelas atas ditargetkan untuk ibu-ibu dengan
pendapatan rendah. Akankah target pasar ini sukamanfaat membebaskan stres dalam
sehari dengan spa? Tidak ragu lagi. Tetapi apakah mereka bisa mendapatkannya?
Mungkin tidak.
Sekarang, contoh itu nyata, tetapi tidak selalu pasti potong dan keringkan. Kecuali
dengan layanan profesional. Pelatih business dan life sebagai contoh. Mereka sangat
ingin apa yang mereka lakukan dan mereka inginkan melihat orang-orang sukses, mereka
kemudian pergi ke sebuah target pasar yang sungguh ingin layanan mereka, tetapi mereka
tidak dapat memperolehnya. Jadi pelatih ini lebih rendah biayanya atau menjual
(meskipun mereka tidak tertarik dalam perdagangan) atau sesuatu yang lain yang sangat
tidak membantu suksesnya bisnis mereka sendiri.
Garis bawahi, yakinkan pilihan Anda pada sebuah target yang tidak hanya dapat mendapatkan produk Anda tapi juga menginginkannya. 3. Mencari target pasar pada tempat yang salah. Ini situasi dimana “mendirikan bisnis dan mereka akan masuk” tidak bekerja. Sekali ketika Anda tahu siapa target pasar, Anda
membutuhkan untuk pergi pada mereka. Dan anda tidak seharusnya membuang waktu
pada tempat di mana tidak akan menemukan mereka.
Mari katakan target pasar Anda adalah 500 perusahaan-perusahaan Fortune. Apakah dekat pada lokal kamar dagang yang akan membayar kepada Anda? Mungkin tidak.
Tetapi membeli sebuah daftar target dan meletakkan bersama kampanye emal langsung? Ide yang lebih baik. Atau sebagai contoh, seorang teman dalam pikirannya hanya menyadari ceruk target
pasar baru ia kerjakan setelah tidak menghabiskan banyak waktu online. Dan, Anda
menerkanya, ia mengerjakan paling banyak marketing online nya. Jadi, ia harus
mengganti ceruk pasar atau mengganti bagaimana ia memasarkannya pada mereka. Di
satu waktu Anda telah memilih target pasar yang sehat, yakinkan Anda meletakkan waktu
pemasaran dan dollars pada tempat di mana mereka hang out.
4. Tidak membuat sebuah pesan memaksa. Oke, Anda tahu bahwa Anda telah mendapatkan target pasar yang bagus dan bagaimana meraih mereka. Tetapi Anda masih tidak mendapatkan hasil. Problem sekarang mungkin ada pada pesan Anda. Orang-orang memiliki banyak pilihan di mana mereka menghabiskan uang mereka. Anda
harus memberikan mereka sebuah alasan sangat memaksa mengapa mereka harus
menghabiskan uang mereka dengan Anda.
Disini membuat sentuhan untuk meningkatkan keahlian copywrite atau meng-hire seseorang untuk menuliskannya untuk Anda. 5. Tidak cukup sering mendapatkan di depan target pasar.Sehingga Anda telah berlari satu tambahan. Atau email satu kartu pos. Atau menghadiri satu acara networking. Dan pekerjaan tidak menuangkan di pintu
10 Tips Pengemasan Produk Berkunjung ke sebuah pameran produk UKM di Jakarta, redaksi sempat mewawancarai
pebisnis dari berbagai daerah di Tanah Air. Dari hasil bicang-bicang, ternyata tidak
sedikit dari pebisnis tersebut yang masih kurang puas dalam hal pengemasan produk.
Pada intinya para pebisnis ini menyadari pentingnya arti sebuah pengemasan dalam
rangka mendongkrak pemasaran produk. Namun tak sedikit diantara peserta pameran
yang mengakui produknya belum bisa bersaing dengan para kompetitor karena kemasan
yang tidak menarik, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk memperbaikinya.
Power HomeBiz Guide, situs online bertempat di Virginia USA yang memberikan konsultasi, panduan dan informasi seputar UKM , menyajikan 10 tips pengemasan sehingga menarik konsumen untuk membeli produk. 1) Pahami pelanggan Permasalahan saat ini adalah sebuah kemasan bisa jadi tidak memuaskan kebutuhan
pembeli. Banyak niche market yang membutuhkan pengemasan khusus. Jadi jika pebisnis
menargetkan satu diantaranya, pertama kali lakukan lah penelitian. Sebab apa yang
dilakukan untuk satu target bisa saja tidak bekerja untuk target lainnya.
2) Temukan kemasan dengan sifat yang melekat untuk konsumen yang menjadi target. Ketika seorang ibu rumah tangga terganggu untuk berbelanja produk pebisnis kemudian
nyaman menggunakan lebih baik pada daftar atas. Lebih dari 50% pelanggan mencari
kenyamanan juga namun memperhatikan seperti ukuran cetak kemasan dan gampang
dalam penggunaan sebagai daftar prioritas mereka. Pastikan karakteristik kemasan sesuai
dengan target pasar.
3) Pahami bagaimana kemasan digunakan. Para keluarga tidak duduk lebih lama dan makan sebuah makanan dengan setiap orang
pada waktu yang sama. Ada kebutuhan diet spesial atau diet secara umum dari
kebanyakan keluarga. Adalah hal yang biasa untuk melayani makanan berbeda untuk
individu yang berbeda. Kemasan bisa disesuaikan.
4) Kenali pelanggan terkini membeli tren. Beberapa tahun yang lalu Kita melewati fase ukuran kemasan besar. Namun saat ini
secara umum tren pembelian bergeser kepada ukuran lebih kecil. Kemasan lebih kecil
bukan berarti keutnungan kecil, dalam banyak kasus bahkan berarti lebih. Pelanggan
berkeinginan membayar kenyamanan premium, kemudahan menggunakan dan jumlah
yang lebih kecil.
5) Mengikuti perkembangan teknologi pengemasan yang baru. Produk baru yang kreatif memiliki keuntungan pada pemasaran meskipun teknologi tidak baru tapi aplikasinya baru. Beberapa tahun yang lalu Metedent mengambil dunia dengan mekanisme duel. Lihat inovasi berupa jalan mengkombinasikan dua produk dalam satu paket. 6) Amati dimana orang-orang berbelanja. Ada pergantian dari pembelian secara tradisional ke format toko serba ada yang inovatif. Toko serba ada yang nyaman, satu pertimbangan pemasar pemasar, memiliki transisi baru
masuk ke toko serba ada yang menyediakan produk premium pada harga premium. Hal
tersebut dikembangkan dari kebiasaan berbelanja yang cepat saat ini. Studi saat ini
menunjukkan bahwa konsumen saat ini tidak lebih lama membuat satu perjalanan besar
dan menyimpan stok tetapi membuat beberapa perjalanan dalam satu minggu dan
mendapatkan hanya apa yang dibutuhkan pada saat itu.
7) Menjaga langkah keluaran kemasan sesuai ‘hot button’ Ini juga termasuk aturan Undang-undang. Masyarakat sungguh peduli dengan lingkungan
tentang kemasan yang melampaui batas. Ada sebuah perpindahan sedang berlangsung
untuk memperluas jumlah sayuran berbasis bahan plastik digunakan pada kemasan
makanan. Jika pengemasan kepada konsumen memberikan produk tersebut sebagai
pembenaran mereka, cari produk baru lain untuk muncul ke permukaan. Undang-undang
dapat merubah perintah pengemasan dalam semalam. Telah menjadi "bottle bills," biaya
tambahan dan mencegah tipe tertentu pada kemasan yang melarang penggunaan kemasan
tertentu.
8) Keamanan dalam pengemasan semakin menjadi penting. Hal ini akan lebih fokus tentang integritas produk. Salah ketakutan utama keamanan
dapat kekuatan untuk mengganti seketika metode kemasan dengan segera. Cari dengan
jelas tamper baru dan alat keamanan yang dapat disatukan ke dalam kemasan . Efisiensi
harga sekarang membuat cara lebih affordable dan akan segera menjadi tendensi.
9) Persaingan bermacam bahan pengemasan meningkat. Dengan mengimpor bahan yang tersedia untuk penggabungan dan akuisisi yang
mengambil tempat, jaga keterkinian rantai penawaran secara globalisasi. Produk tertentu
seperti kantong plastik yang digunakan orang-orang Amerika sebagai arus utama untuk
manufaktur sekarang telah pergi lepas pantai. Keragaman tingkah laku keduanya dan luar
negeri membutuhkan semua kemasan dibuat menjadi banyak bahasa.
10) Pengaruh kekuasaan eksternal pemain
Pengecer kotak besar sedang mengendarai prosedur dan kebijakan pada ritel. Perintah
dari perusahaan-perusahaan seperti RFID mengikuti jalan dalam taraf permulaan mereka
. Jika pebisnis ingin berbisnis dengan perusahaan seperti Home Depot dan Wal*Mart,
pebisnis akan butuh untuk menyertakan disain dan seleksi pada bahan-bahan kemasan.
Konsep Pemasaran 4P dalam Memulai Bisnis Dalam kegiatan pemasaran, dikenal konsep 4P yaitu: Product, Price, Placement, and
Promotion. Konsep ini dapat diterapkan oleh seorang wirausaha dalam memulai suatu
bisnis.
Product. Menentukan produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar umumnya menjadi
langkah paling awal. Ide mengenai produk bisa didapatkan dari beberapa sumber. Cara
termudah adalah dengan membandingkan langsung produk sejenis seperti yang ingin
dijual, dan melakukan riset kecil-kecilan ke target pasar mengenai kelebihan dan
kekurangan dari produk tersebut. Hasil dari riset tersebut diharapkan memberikan
informasi yang lebih akurat bagi wirausaha mengenai prospek pasar yang akan
dimasukinya dan produk macam mana yang diharapkan oleh target pasar.
Price. Menentukan harga produk tidak semudah yang dibayangkan. Pertanyaan utamanya
adalah, Bilamanakah harga produk atau jasa dapat diterima oleh pasar? Cara yang umum
digunakan adalah dengan menggunakan patokan hitungan biaya produk tersebut dari
awal disiapkan hingga siap jual. Setiap produk memiliki berbagai komponen biayanya
sendiri, dari awal produksi hingga produk tersebut dipajang di rak-rak display penjualan.
Menentukan harga berdasarkan biaya dilakukan dengan menambahkan presentase margin
tertentu ke biaya produk, dan presentase tersebut dianggap sebagai keuntungan.
Persentase didapatkan sesuai dengan rata-rata margin di pasaran. Menggunakan metode
ini memiliki kelemahan sendiri. Produk akan mengalami krisis keunikan (uniqueness)
dimana keunikan yang memiliki daya pembeda produk dari saingannya luput
diperhitungkan. Keunikan justru mampu membantu produk agar memiliki harga premium
di pasar. Placement. Tidak kalah penting adalah mengenai dimana produk tersebut yang akan ditawarkan tersebut mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju. Pada beberapa industri, misalnya ritel atau restoran, masalah penempatan berarti sangat penting. Ungkapan “Lokasi, Lokasi, Lokasi” sebaiknya sangat diperhatikan oleh wirausaha, karena bisa jadi pemilihan lokasi tempat usaha yang buruk dapat berakibat langsung kepada kegagalan dari usaha yang dijalankan. Promotion. Aspek penting lainnya adalah mengenai promosi dari produk. Bagaimana
suatu produk akan dikenalkan ke pasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya. Salah
satu cara berpromosi efektif adalah dengan beriklan. Bagi wirausaha yang baru memulai
bisnis, iklan dilakukan dengan mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi-nya. Untuk
mendapatkan efektifitas beriklan sebaiknya dilakukan pemilihan media iklan yang benar-
benar cocok dengan karakter target pasar dari produk. Mungkin tidak diperlukan untuk
memasang iklan di segala media/tempat karena belum tentu berpengaruh kepada
peningkatan penjualan. Selain itu pemasangan iklan juga berhubungan dengan biaya yang
dikeluarkan. Pada tahap-tahap awal memulai bisnis, sebaiknya masalah biaya mendapat
perhatian khusus agar tidak menjadi ganjalan dalam operasional usaha. Tentukan juga
tujuan dari promosi, apakah untuk menciptakan kesadaran merek atau dimaksudkan
untuk meningkatkan penjualan. Jangan lupa untuk mengukur hasil dari setiap kegiatan
promosi yang dilakukan, apakah sesuai dengan harapan atau masih perlu perbaikan untuk
kegiatan promosi berikutnya.
Ke-4 aspek pemasaran dapat menjadi pemikiran awal bagi seorang wirausaha sehingga dia dapat memiliki perhitungan yang matang sebelum menanamkan investasinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar